Apa Itu Middleware? | Service Oriented Architecture - Sandblog

Apa Itu Middleware? | Service Oriented Architecture

Service oriented architecture adalah topik yang menarik untuk dibicarakan di dunia IT. Bagaimana tidak? service oriented architecture terlihat lebih simple dan cepat dalam maintenancenya.

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan apa itu Middleware dan mengapa middleware menjadi penting saat ini. Berikut penjelasannya

Analogi Cara Kerja Middleware

Agar lebih mudah memahami middleware, saya akan menganalogikannya dengan kehidupan sehari – hari.

Bayangkan saat ini Anda sedang berencana untuk berliburan ke luar kota. Anda sudah membeli tiket beberapa moda transportasi berikut secara online untuk kebutuhan Anda selama di sana :

  • Kereta Api
  • Kapal Ferry
  • Rental Mobil
  • Bus

Saat membeli kendaraan – kendaraan tersebut, Anda perlu memasukkan data sesuai KTP. Hal ini bertujuan untuk mencocokkan data sebelum keberangkatan.

Namun, sebelum keberangkatan secara tiba – tiba Anda menyadari bahwa ada perbedaan penulisan antara KTP dan form pendaftaran. Anda pun akhirnya ingin mengupdate data yang sudah Anda masukkan sebelumnya. Ternyata, dalam perubahan data, masing – masing moda transportasi memiliki cara yang berbeda – beda :

  • Bus menggunakan komputer mainframe yang besar dan pelanggan harus menelepon untuk mengupdate data.
  • Kapal ferry mengharuskan pelanggan untuk mengirimkan email dikarenakan data yang diupdate harus berupa lembaran – lembaran tertulis
  • Bus dan Rental mobil juga menerapkan cara yang berbeda – beda.

Perbedaan cara ini tentunya membuat frustasi pelanggan yang ingin melakukan pembaruan data. Pasalnya Anda harus mengingat bagaimana cara menghubungi tiap moda transportasi dan follow up secara terpisah – pisah.

Source : YouTube John Brunswick

Di sinilah middleware berfungsi sebagai “transit pass”. Menjadi sebuah “single place” yang memungkinkan pelanggan untuk mengupdate data tanpa harus menghubungi satu persatu dan tanpa harus memahami masing – masing cara update tiap moda transportasi.

Begitupula dengan perusahaan tiap moda transportasi, saat ada pergantian bus atau penambahan moda transportasi, mereka bisa menggunakan “middleware” yang sudah ada tanpa harus mengupdate data secara manual.

Lalu, apa hubungan analogi di atas dengan Enterprise IT menggunakan Service Oriented Architecture?

Di dalam sebuah perusahaan, terdapat banyak sekali variasi dan perbedaan sistem. Ada ERP System, CRM System, Financial System, web portal, mobile portal, dan lain sebagainya.

Masing – masing sistem mungkin saja menggunakan cobalt, net, ataupun java. Dengan adanya service oriented architecture, setiap sistem tersebut bisa saling berkomunikasi di satu tempat.

Jadi, secara umum Service Oriented Architecture dapat dikatakan sebagai sebuah arsitektur kerangka kerja berbasis standar  yang terhubung yang memungkinkan sistem-sistem  untuk saling mengintegrasikan data yang sebelumnya hanya tersimpan rapat di berbagai lokasi atau sumber.

Jadi, dengan adanya SOA ini, perusahaan dapat menjalankan sistem dan biaya manajemen secara lebih efektif dan cepat. Kesalahan yang mungkin dilakukan juga akan lebih kecil karena data yang sudah terintegrasi.

Leave a Reply