Tanda Anak Kecanduan Gadget dan Dampaknya - Sandblog

Tanda Anak Kecanduan Gadget dan Dampaknya

Berkembang pesatnya ilmu teknologi menimbulkan dampak yang signifikan dalam kehidupan kita. Dampak tersebut bisa berupa dampak baik maupun buruk. Kali ini kita akan membahas salah satu dampak negatif teknologi ini, yaitu tentang anak kecanduan gadget

Salah satu teknologi yang banyak digandrungi semua kalangan saat ini adalah gadget. Dari berbagai sisi, gadget bisa mempermudah, dan bisa juga memperburuk.

Dalam bidang pendidikan misalnya, gadget bisa mempermudah siswa dalam mendapatkan informasi tentang ilmu pengetahuan. Namun, gadget juga bisa menimbulkan dampak negatif yaitu membuat anak kecanduan dan malas belajar.

Tanda anak kecanduan gadget sangat mudah dikenali. Secara umum, kita bisa melihat anak tersebut tidak bisa lepas dari gadget. Misalnya saat bangun tidur, gadget adalah benda pertama yang Ia cari.

Salah satu ciri anak kecanduan gadget yang mudah dilihat adalah disaat mengajaknya makan. Saat menyuapi anak ataupun mengajaknya berbicara di meja makan, matanya selalu terpaku pada layar gadget tanpa memperdulikan hal – hal di sekitarnya. Ini merupakan tanda anak sudah kecanduan gadget.

Selain itu, ada beberapa ciri kecanduan gadget lainnya yang perlu diwaspadai seperti :

  • Main gadget sampai lupa waktu
  • Tidak nyaman / gelisah saat tidak memegang gadget
  • Kehilangan ketertarikan dengan dunia luar
  • Mulai Berbohong
  • Menggunakan gadget untuk menghilangkan bad mood.

Dampak Kecanduan Gadget pada Anak

anak kecanduan gadget

Kecanduan gadget memiliki dampak negatif baik secara fisik maupun psikis anak. Secara fisik, anak bisa mengalami gangguan tidur, nyeri punggung, peningkatan atau penurunan berat badan yg tidak normal, gangguan penglihatan, atau sakit kepala.

Secara psikis, anak dapat menjadi seseorang yang mudah cemas, suka berbohong, sering merasa bersalah, dan merasa kesepian. Bahkan tak jarang anak yang kecanduan gadget memiliki perubahan mood yang mengkhawatirkan dan sulit diajak bicara.

Di kehidupan sosial, anak yang kecanduan gadgetpun perlahan menjadi anti sosial. Mereka lebih tertarik untuk bermain dengan gadgetnya dibanding bersama teman – temannya. Jika ini dibiarkan terus menerus, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang sulit bersosialisasi / berinteraksi dengan orang lain.

Mencegah anak Kecanduan Gadget

Dengan adanya dampak negatif, maka alangkah lebih baik bagi orang tua untuk mencegah dampak tersebut muncul. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah anak kecanduan gadget antara lain :

  • Batasi penggunaan gadget pada anak. Jangan biarkan anak memegang gadget terlalu lama. Seringlah ajak berbicara dan beraktivitas fisik bersama agar anak mengurangi perhatiannya pada gadget.
  • Ajak anak beraktivitas seperti lari pagi, berolahraga, bermain permainan lapang / fisik yang menyehatkan. Tentunya orang tua harus ikut mendampingi agar aktivitas tersebut juga tidak berlebihan dan menjadi menyenangkan.
  • Jangan bermain gadget di depan anak. Jadilah contoh yang baik sehingga anak tidak meniru untuk terus bermain gadget.
  • Berikan perhatian lebih kepada anak. Kebanyakan anak bermain gadget karena kurangnya teman untuk bercengkrama dan bercerita. Maka dari itu, sesekali luangkanlah waktu untuk bercerita dan mendengarkan curhatan anak.
  • Gunakan aplikasi yang sesuai usia anak agar anak tidak terkena dampak negatif dari tayangan atau aplikasi yang tidak sesuai usianya. Bila perlu, berikan filter pada YouTube atau browser Anda.

Demikianlah tanda – tanda, dampak dan cara mencegah anak agar tidak kecanduan gadget. Mari gunakan kemajuan teknologi dengan bijak dan lindungi keluarga yang kita cintai.

Leave a Reply