Jenis Mobil Terbaik Untuk Bisnis - Sandblog

Jenis Mobil Terbaik Untuk Bisnis

Saat berbisnis, terkadang mobil menjadi salah satu aset yang harus dimiliki. Tergantung jenisnya, bisnis tertentu bahkan menjadikan mobil sebagai aset utama agar bisnisnya tetap berjalan.

Mobil memiliki banyak kelebihan dibandingkan sepeda motor. Kapasitas yang besar, mesin yang tangguh, serta akses tol yang memudahkan perjalanan jarak jauh. Karena itulah mobil berguna untuk bisnis di berbagai sektor

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Untuk Bisnis

1. Jenis Usaha dan Keperluan

Sebelum mengetahui jenis mobil terbaik untuk bisnis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis usaha dan sebesar apa keperluan yang Anda butuhkan.

Misalnya, jika bisnis Anda adalah bisnis logistik yang bertujuan untuk mengangkut barang, maka mobil jenis pick up bisa menjadi yang terdepan. Namun, jika usaha anda adalah usaha catering, maka pertimbangkan untuk membeli mobil berkapasitas besar namun aman dari hujan.

2. Sesuaikan Dengan Anggaran

Setelah mengetahui jenis mobil yang ingin dibeli, selanjutnya Anda perlu memperhatikan anggaran yang Anda miliki. Susunlah cashflow perusahaan sebaik mungkin mulai dari modal yang dimiliki hingga perkiraan service, bensin, dan biaya operasional setelahnya.

3. Kualitas Mobil

Setelah memikirkan anggaran, utamakan pula kualitas mobil tersebut. Jangan sampai membeli mobil yang tidak awet hanya karena menyesuaikan dengan anggaran.

Mobil bekas juga tidak masalah selama mesinnya masih dapat diandalkan dan sesuai dengan kebutuhan. Jika perlu, bawalah montir / ahli untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Anda juga bisa memanfaatkan layanan Seva Mobil Bekas, Sebuah platform online di mana mobil bekas sudah dibekali dengan inspeksi dari ahli otomotif.

List Jenis Mobil Terbaik Untuk Bisnis

Setelah mempertimbangkan usaha, anggaran, dan kualitas mobil sesuai dengan kebutuhan, kini saatnya untuk mengetahui jenis – jenis mobil terbaik untuk bisnis Anda. Berikut list jenis mobil untuk bisnis versi Sandblog.

1. Mobil Pick Up

Mobil pickup adalah mobil dengan bagian belakang berbentuk bak yang terbuka dan memiliki kemampuan untuk mobilisasi barang. Jika bisnis Anda memiliki barang yang banyak untuk diangkut, maka mobil pick up adalah salah satu solusinya.

Beberapa contoh mobil pick up yang dapat anda beli antara lain : Daihatsu Grand Max PU, Mitsubishi Colt, atau Suzuki Carry.

2. Mobil Truk

Sama dengan mobil pick up, mobil truk juga berfungsi untuk mengangkut / mobilisasi barang – barang. Hanya saja, mobil truk memiliki kapasitas yang lebih besar.

Daya angkut truk terbilang sangat besar. Truk bisa mengangkat 12 hingga 40 ton. Jika usaha anda adalah usaha logistik yang mengharuskan membawa barang super berat setiap harinya, maka mobil truk bisa jadi pertimbangan.

3. Mobil Keluarga


Usaha rental mobil adalah usaha yang banyak mendatangkan keuntungan. Biasanya, keluarga yang ingin berlibur akan menyewa mobil untuk berjalan – jalan bersama keluarganya.

Biasanya mobil keluarga mempunyai cukup ruang untuk menampung hingga 6 orang. Dengan dibekali mesin 1600 cc, mobil ini menjadi piliihan yang tepat jika ingin membuka bisnis rental mobil.

Beberapa contoh mobil keluarga yang dapat dibeli antara lain Toyota Kijang Innova, Suzuki All New Ertiga, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Terios, dan lain sebagainya.

4. Mobil SUV / MPV


Mobil ini bisa dikategorikan sebagai minibus yang memiliki kapasitas hingga 9 orang. Jika Anda memiliki usaha catering, utamakanlah untuk membeli mobil ini.

Daihatsu Granmax MB misalnya, merupakan perpaduan antara MPV dan SUV. Bagian belakang mobil ini dapat dibuka sehingga sangat mudah untuk memasukkan / mengeluarkan catering.

5. Mobil Mikro / City Car


Tipe mobil yang satu ini cocok dipakai untuk meeting / mendatangi calon klien. Guna meningkatkan kredibilitas, mobil ini bisa menjadi pilihan untuk mendatangi klien.

Mobil tipe ini biasanya menggunakan mesin di bawah 1000 cc dan hanya muat sedikit penumpang saja.

Leave a Reply