Tips Bisnis Tanaman Hias Berkonsep Terarium - Sandblog

Tips Bisnis Tanaman Hias Berkonsep Terarium

Bisnis Terarium – Memiliki tanaman di rumah dapat membuat udara lebih segar. Lebih daripada itu, tanaman dapat menyejukkan mata saat memandangnya.

Namun, sempitnya lahan membuat kita harus memikirkan cara yang lebih baik untuk memelihara tanaman di rumah. Salah satu caranya adalah dengan menanam di media transparan atau biasa disebut dengan terarium. Kali ini, kita akan mempelajari lebih dalam tentang terarium dan bagaimana tips berbisnis tanaman hias terarium.

Apa Itu Terarium?

bisnis terarium
Tips Bisnis Terarium

Terarium adalah seni tanaman hias menggunakan media yang terbuat dari kaca atau plastik transparan. Terarium ini bisa dimanfaatkan untuk membuat taman mini di rumah. Karena ukurannya yang kecil, terarium dapat ditempatkan sesuai dengan ketersediaan tempat yang ada di rumah.

Tips Berbisnis Tanaman Hias Terarium

Di luar negeri, terarium sangatlah terkenal. Membuat tanaman hias terarium juga sudah menjadi hobi. Selain itu, harga jual terarium juga sangat tinggi. Peralatan dan cara membuat terarium juga tidak sulit. Berikut tips dan cara untuk berbisnis terarium :

1. Memilih Tanaman yang Tepat

Biasanya terarium ditempatkan di dalam ruangan. Maka dari itu, pilihlah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak sinar matahari. Selain itu, pertimbangkan juga ukuran tanaman. Agar tanaman tidak keluar dari media tanam, pilih tanaman yang ukurannya tetap kecil meski telah lama dirawat. Pilihan tanaman yang dapat dicoba antara lain tanaman sukulen, kaktus, lumut, dan tanaman paku.

Setiap tanaman juga membutuhkan kadar air yang berbeda – beda lho. maka dari itu, kadar air yang dibutuhkan suatu jenis tanaman juga perlu menjadi salah satu pertimbangan.

2. Tentukan Wadah yang Akan Dipakai

Wadah Tanaman Terarium

Sisi unik dari terarium adalah kita bisa menggunakan wadah yang tidak terpakai. Kita dapat menggunakan bohlam, botol, toples, atau akuarium bekas. Wadah tersebut juga bisa dipadukan dengan berbagai hiasan seperti pasir, batu, kerikil, atau kayu yang bisa menimbulkan kesan hutan mini.

Jika wadah yang digunakan adalah wadah yang tertutup, sesekali bukalah wadah tersebut agar tanaman masih bisa mendapat udara segar.

3. Tips Memasarkan Terarium

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang marketing mix 7P yang merupakan 7 pilar marketing. Mulailah untuk memaksimalkan produk terarium dengan memperhatikan sisi kualitas produk, harga, tempat menjual, dan bagaimana promosi terbaik untuk menjangkau konsumen.

Dari Segi bisnis, terarium cukup potensial, karena belum banyak orang yang menjualnya. Lokasi yang potensial untuk menjual terarium adalah kota – kota besar. Karena pada kota – kota besar, lahan tanam sudah sangat sedikit. Maka dari itu, terarium bisa menjadi peluang bisnis untuk menghapus rasa haus masyarakat perkotaan terhadap sejuknya pemandangan akan tanaman hias.

Saat ini, kota-kota besar juga mudah dijangkau dengan adanya marketplace maupun media sosial yang membantu pemasaran.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply